Jurnal
Dwimingguan Paket Modul 1.1
(20
Oktober -5 November 2022)
Salam Bahagia
Perkenalkan saya Widodo, guru IPA SMP
Negeri 1 Sidoharjo, Wonogiri. Saya
merupakan salah satun peserta Pendidikan Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan ke-7
Kabupaten Wonogiri. Pada kesempatan membuat jurnal dwimingguan modul 1.1. Refleksi
Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar
Dewantara. Jurnal dwimingguan merupakan salah satu tugas yang harus dibuat oleh
setiap calon guru penggerak. Tugas ini dibuat untuk merefleksikan semua
pengalaman dan ilmu yang didapat selama dua minggu. Jurnal dwimingguan ini
dibuat menggunakan model 4P yang merupakan terjemahan dari 4F yang dikembangkan
Dr. Roger Greenaway.
1. Peristiwa (Fact)
Pada
hari Kamis 20 Oktober 2022, saya mengikuti pembukaan Program Pendidikan Calon
Guru Penggerak (PGP) angkatan ke-7 secara virtual oleh Mendikbudristekdikti
Nadiem Anwar Makarim. Kegiatan secara
daring ini menggunakan platform Youtube
dan Zoom Meet. Dalam sambutannya Nadiem Makarim memberikan arahan
agar Calon Guru Penggerak (CGP) fokus dalam mengikuti pendidikan guru penggerak
dan harus bisa membagi waktu agar bisa mengerjakan modul di LMS.
Kegiatan
dilanjutkan pretest paket modul 1 yang dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Oktober
2022 melalui LMS masing-masing. Dua hari kemudian, tepatnya pada hari Sabtu, 23
Oktober 2022 diadakan Lokakarya Orientasi secara luring di SMA Negeri 2 Wonogiri
mulai pukul 08.0 s.d. 16.00 WIB. Kegiatan Lokakarya Orientasi diundang juga
Pengawas, Kepala Sekolah dan para CGP. Pada saat lokakarya orientasi saya
mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman tentang pendidikan guru penggerak (PGP).
Kemudian setelah itu mengikuti kegiatan secara online di LMS. Mulai dari diri
sendiri saya merefleksi pemikiran KHD. Kemudian eksplorasi konesp bediskusi
bersama fasilitator dan CGP lainnya mengenai filosofi KHD. Setelah itu, ruang
kolaborasi saya bersama teman-teman saling berbagi pengalaman dan berdiskusi
mengenai filosfi KHD dan penerapannya di sekolah. Terakhir mengiktui kegiatan
elaborasi pemahaman bersama instruktur. Pada kesempatan ini banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan instruktur dan teman-teman CGP lainnya.
2. Perasaan (Feelings)
Saya merasa senang dan bangga
pada saat mengikuti kegiatan di dua minggu pertama ini. Saya merasa senang karena
saya bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman tentang filosofi KHD dan berinteraksi
dengan guru-guru hebat CGP Angkatan ke-7.
Selain itu juga mendapatkan Fasilitator dan Pengajar Praktik (PP) yang
luar biasa, yaitu Ibu Yunidar dan Lilis Lia Arifiantai. Saat menerapkan
filosofi KHD di dalam pembelajaran saya merasa senang karena ada hal yang
berubah pada diri saya dan murid-murid saya. Sebagai contoh dahulu saya banyak melakukan pembelajaran
konvensional. Sekarang lebih berpusat pada siswa. Siswa merasa senang karena
kebutuhan belajarnya terpenuhi. Semangat siswa untuk bersekolah semakin
meningkat. Saya juga merasa bangga karena saya bisa menjadi bagian dari
guru-guru hebat CGP di seluruh Indonesia. Sehingga banyak hal yang didapat dari
materi ini. Semoga saya bisa ikut
serta menjadi bagian perubahan pendidikan Indonesia kea rah yang lebih baik.
3. Pembelajaran (Finding)
Pengalaman berharga yang didapat
yaitu ketika mendapatkan ilmu tentang filosofi pendidikan KHD dan saat
berdiskusi dengan rekan CGP, Pengajar Praktik (PP), fasilitator dan instruktur.
Banyak hal yang didapat untuk saya terapkan dalam pembelajaran di kelas saya.
Pengalaman yang berharga yaitu mendapatkan imu tentang filosofi pendidikan Ki
Hajar Dewantara yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Pemikiran KHD tersebut menyatakan bahwa tugas
guru adalah menuntun anak sesuai dengan
kodratnya, sehingga anak dapat
hidup merdeka baik disekolah dan di
masyarakat. Murid yang merdeka tanpa
mengganggu kemerdekaan orang lain. Pendidikan di Indonesia harus mempertimbangkan
kodrat murid yaitu kodrat alam dan kodrat zaman. Selain itu, KHD juga memiliki pemikiran bahwa pendidikan harus menghamba pada anak
Artinya pembelajaran harus berpusat pada murid. Murid sebagai pembelajar harus
mendapatkan kesempatan utuk tumbuh secara utuh baik cipta, rasa, karsa dan
karya sehingga menjadi manusia yang merdekan dan bijaksana Kegiatan
pembelajaran harus bermakna dan menyenangkan dengan memperhatikan minat dan
bakat serta potensi murid. Pendidikan yang memanusiakan. Pada saat berdiskusi
dengan fasilitator, instruktur, dan rekan CGP saya banyak mendapatkan pengalaman, ide dan gagasan yang sangat
bermanfaat dalam menerapkan filosofi KHD
ini di sekolah saya.
4. Penerapan ke depan (Future)
FiIlosofi pendidikan KHD yang saya dapatkan selama 2 minggu ini akan saya terapkan dalam
proses pembelajaran di sekolah. Saya
akan merencanakan merancang dan menyususn pembelajaran sesuai dengan kodrat
anak (kodrat alam dan kodrat zaman). Saya akan berusaha agar menjadi guru yang
bisa menuntun menjadi teladan, memberi kekuatan dan mendorong murid dalam
menebalkan laku mereka. Pendidikan disesuaikan dengan kodrat zaman bahwasannya
anak sekarang hidup di era digital, sehingga guru harus mengembangakn
keterampilan abad 21 untuk menghadapi tantangan zaman ini. Ketermpilan abad 21
dapat dilaksanakan dengan pembelajaran memanfaatkan berbagai sumber yang ada
dan menuntun murid tumbuh dan berkembang sesuai kodratnya. Menjadi manusia yang cerdas pikirannya, halus
budi bahasanya, dan sehat jiwa raganya. Berkembang dengan cipta, rasa, karsa
dan karya. Oleh karena itu saya sebagai
guru akan menerapkan metode pembelajaran yang memfasilitasi perbedaan murid
baik dari minat, bakat dan potensinya.
Saya harus harus mengetahui gaya belajar murid sehingga bisa menerapkan
pembelajaran berdeferensiasi. Pembelajaran yang berpusat pada siswa dan
disesuaikan dengan gaya belajar mereka. Hal yang akan saya lakukan untuk
memfasilitasinya yaitu dengan menggunakan berbagai macam media pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan murid, menerapkan metode pembelajaran yang berpihak
pada murid sebagai aktualisasi terhadap konsep “menghamba pada sang anak.
Demikian
jurnal dwimingguan saya setelah menyelesaikan modul 1.1 tentang “Refleksi Filosofi
Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca
yang budiman.
Salam Guru Penggerak
Guru Bergerak Indonesia
Maju
Tidak ada komentar:
Posting Komentar