Selasa, 04 Februari 2014



ABSTRAK

Agata Margareti, S.Pd. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Wujud Zat dan Perubahannya melalui Pembelajaran menggunakan Kartu Ajaib Acak pada Kelas VII C SMPN 1 Jatipurno semester gasal Tahun 2013 / 2014”.

Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Kartu Ajaib Acak

Menggunakan Kartu Ajaib Acak perlu diterapkan dan dikembangkan guru dengan terlebih dahulu menguasai strategi atau langkah-langkahnya. Penggunakan alat pembelajaran , termasuk penggunaan Kartu Ajaib Acak merupakan variasi guru dalam melaksanakan pembelajaran selain yang konvensional dalam bentuk ceramah. Kartu ini dapat digunakan untuk semua materi dalam pembelajaran IPA sebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA. Berdasarkan hal tersebut selanjutnya ditetapkan judul penelitian ” Peningkatan Hasil Belajar IPA Konsep Wujud Zat dan Perubahannya melalui Pembelajaran menggunakan Kartu Ajaib Acak pada Kelas VII C SMPN 1 Jatipurno semester gasal Tahun 2013 / 2014”.

Tujuan penelitian yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA Konsep Wujud Zat dan Perubahannya pada siswa kelas VII C SMPN 1 Jatipurno semester gasal Tahun 2013/2014 melalui pembelajaran menggunakan Kartu Ajaib Acak
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan Teknik Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen pembelajaran, yaitu berupa RPP, tes objektif dan lembaran observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri sebanyak 35 orang. Adapun langkah-langkah pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 tentang zat dan wujudnya serta massa jenis zat , siklus 2 tentang pemuaian dan kalor. Tiap siklus meliputi kegiatan: 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan (acting), 3) observasi (observastion) dan evaluasi hasil pemantauan (monitoring), 4) refleksi (reflecting).. Teknik penelitian melalui teknik tes tertulis dengan analisisnya adalah hasil belajar siswa.

Hasil penelitian telah mampu menjawab perumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis  penelitian yaitu melalui pembelajaran menggunakan Kartu Ajaib Acak dapat meningkatkan hasil belajar IPA konsep Wujud Zat dan Perubahannya bagi siswa kelas VII C SMPN 1 Jatipurno semester gasal Tahun 2013 / 2014. Keadaan tersebut dibuktikan oleh hasil analisis data bahwa : Untuk hasil evaluasi siswa dari siklus I dan II mengalami peningkatan nilai rata-rata  hingga 12%, nilai tertinggi hingga 7%, nilai terendah hingga 12% dan ketuntasan belajar dari 34% menjadi 40%.

1 komentar: